Wednesday, April 25, 2012

Gegar Budaya "Cultural Shock"



Aku adalah seorang Warga Negara Indonesia yang sedang tinggal sementara di benua 
Eropa bagian tengah sejak Agustus 2011 sampai sekarang ( April 2012). Ada seorang teman yang sedang melakukan kunjungan sebagai asisten peneliti di negara tetangga. Kami berteman cukup baik dan beberapa kali saling bertukar informasi. Suatu hari kami memulai percakapan. Namun ternyata percakapan tersebut tidak cukup untuk dibahas hanya dalam satu hari. Percakapan tersebut membahas tentang hal-hal yang tidak biasa berlaku di negara kami yaitu mengenai agama, Tuhan, pakaian yang serba mini, minuman beralkohol, tingkah laku, karakter seseorang dari suatu bangsa atau negara, dan bahasan lainnya.


----

Percakapan, aku (A) dan temanku (B):

A : Hi, Ri apa kabar lu? makan apa aja lu disana?.
B : Kabar nambah menggendut dan sehat wal afiat. Ajib, porsinya gede banget disini. Kalah gw porsi bule. Parah ya dimari, shalat Isya aja kudu nunggu sampai malam banget.


A : Lebih parah kalau musim panas, malemnya baru jam 22.00.
B : Parah banget ya kalau bulan puasa pas musim panas. Puasa tahun kemarin pas musim apa Rut?


A : Pas musim panas.
B : kering donk lu?


A : kering gak kering. Ah gw mah, kalo gak tahan ya buka ajah. Kata Emak gw, yang penting dilakuin, mau waktunya sama seperti di Ina pun ora opo-opo ( tidak apa-apa_red ). Islam kan dinamis. 
B : Oo gtu ya. Gw masih kepikiran aja sama orang yang tinggal agak di Utara, yang malam sama siangnya enam bulan. Itu gimana puasanya ya doi?
benua Asia dan bagian timur tengah doank ya?, gak sampai ke Eropa bagian tengah, Utara dan Amerika gitu. Jadi beruntung lah mereka orang Eropa dan Amerika gak usah pusing-pusing puasa dan shalat. Oleh karena itu tadi, mereka nanti pusing, tiap ganti musim ganti pula waktunya untuk puasa dan shalat lima waktu.
B : Seinget gw, Islam hanya sampai spanyol ya? waktu kesultanan apa gitu,.. Lupa euy..


A : Oh gitu. Menurut gw, karena kondisi geografis benua Asia dan negara bagian timur lainnya gak bisa disamain dengan Eropa bagian tengah and Utara, apalagi ke arah Rusia.. Kondisi geografis yang berpengaruh didalamnya seperti cuaca, perbedaan lama waktu matahari bersinar dan musim..
B : Mungkin perlu dikirim team Ijtihad kesana untuk memberikan kebijakan - kebijakan mengenai Keislaman. 


A : Haduh, ekstrim deh.. Agama apapun yang penting hidup lah dengan damai. Jangan menjadikan agama sebagai sebuah senjata untuk mendapatkan surga di akhirat, dengan membuat keonaran seperti para teroris yang kebanyakan dari mereka adalah pemeluk agama islam.. Bikin jelek dan menurunkan derajat nama Islam pada zaman dahulu..
B : Hehe.. Abisnya yang di INA, hanya mempermasalahkan doa qunut dan non-qunut, 11 rakaat atau 23 rakaat. Percekcokannya tidak menggigit. Iya, gw baru nyadar dimari Rut, orang nonis (non-Islam) koq mereka lebih islami ya. Islam yang di INA? no komen dah gw.


A : Iya Ri, melangkah lah keluar dari lingkaran, dan kita akan tahu bagaimana luasnya dunia ini. Walaupun kadang kala dunia selebar daun kelor. Apalagi kalau memaknai perbedaan secara bijaksana, disitu lah akal sehat manusia yang akan bekerja untuk menerima sesama.. Ih sok iyeh yah guah,hahahhaa.... Yang terpenting adalah kita yakin apa yang kita yakini dari kita lahir dan budaya yang tertanam di jiwa kita.
B : tapi emang bener sih Rut, kan kata Bu Muslimah ( Film: Laskar Pelangi_red ), perjalanan panjang ke dunia luar akan membuat orang menjadi lebih dewasa. Tapi Rut, gw masih curtural shock ni, gegar budaya.


A : Kaget dibagian mananya Ri?
B : Liat orang cipokan ( ciuman_red ) and rok mini.


A : Hahhahaha...

B : Mati gw Ruuutttt.... Gak ada malunya cipokan di pinggir jalan, banyak orang pula.
Gw kan yang jadi shock gitu ngeliat live, ya walaupun udah sering juga liat di film. Tapi
rasanya beda, gimanaaaaa gituuu...

A : Ya, mau gimana lagi, itu dunia mereka. Kita kan memang datang dari belahan bumi
dengan latar belakang budaya dan kebiasaan yang berbeda, dan bertolak belakang. Pasti
lu reflex baca istigfar mulu ya?
B : Hahhahaa... Gak sempet kayaknya Rut.. Rok mininya ajib. Rok mini di Ina 
,,,KALAH TELAK !!!,,,

-------
Bersambung..


No comments:

Post a Comment