Saturday, July 28, 2012

Penggemar Nicky Astria sampai ke Vienna, Austria

Setelah melihat postingan status dari salah satu temen saya di salah satu jejaring sosial yang meng-update statusnya tentang salah satu penyanyi rock wanita asal Indonesia, saya jadi teringat akan sesuatu. Sewaktu saya mengunjungi salah satu tempat karaoke bar di Vienna, Austria saya menemukan penggemar penyanyi rock wanita ini. Penyanyi tersebut bernama Nicky Astria. Nicky Astria merupakan penyanyi rock dari Indonesia yang melegenda pada tahun 80-90'an (kalau saya tidak salah ingat). Suaranya yang merdu dan tinggi namun tetap memiliki picth control yang bagus itu masih menjadi pujaan hati bagi para penggemarnya di Indonesia maupun di negara lain sampai saat ini.

Sesuatu itu bermula pada saat saya mengunjungi Vienna, sudah sekitar delapan bulan saya berada di Austria. Jadilah saya kangen sekali mengunjungi tempat karaoke. Kebetulan pada saat itu ada kunjungan seorang teman dari Bogor yang merupakan perantara perkenalan saya dengan mahasiswa-mahasiswa dari Universitas Vienna, Austria. Sebenernya pada malam itu saya tidak ingin menyanyikan lagu-lagu asal penyanyi Indonesia, maka dari itu saya memilih lagu-lagu berbahasa Inggris, agar teman-teman saya yang hadir dapat mengerti dan ikut melantunkan lagu-lagu yang saya nyanyikan. Namun karena salah satu teman saya suka sekali dengan Indonesia maka ia menyuruh saya untuk menyanyikan lagu Indonesia. Awalnya ia menyuruh saya untuk menyanyikan lagu dari penyanyi wanita bernama Mayang Sari. Namun sayang saya tidak hafal dan tidak mengenal lagu yang dinyanyikan penyanyi biduan tersebut. Jadilah saya menyanyikan lagu kesukaan saya pada waktu itu yaitu "Aku Wanita Biasa" yang dinyanyikan oleh Krisdayanti, salah satu Diva Indonesia. 

Sekilas tentang teman saya. Teman saya tersebut adalah warga negara Jerman, namun ia melakukan studi serta tinggal di Austria. Ia sering sekali melakukan penelitian di Indonesia, sampai akhirnya ia mendapatkan pujaan hatinya di pulau sebelah timur Indonesia. Ia pun sudah lancar sekali bicara menggunakan bahasa Indonesia.

Lanjut cerita mengenai sesuatu. Kemudian saya mulai mencari-cari lagu tersebut pada ipad atau samsung tablet (saya lupa tepatnya) yang disediakan oleh petugas karaaoke bar. Karena saya dapat mencari versi karaoke lagu yang diinginkan via internet, jadilah saya mencarinya di salah satu saluran video terkenal di internet. Kemudian petugas itu bertanya kepada saya,

Petugas : "mbanya darimana ini?"
Saya     : " saya dari Indonesia pak. Bapaknya darimana? dari Thailand bukan?"
Petugas   : "oh bukan, saya dari Laos."
Saya : "Oh gitu. Mba mau nyanyi lagu apa? saya punya koleksi Nicky Austria."
Saya     : "Apa pak? Nicky Austria????? (shock berat #gayaalalebay). Bapak suka lagu-lagunya mba Nicky pak?"
Petugas : "Lha iya, saya sampai hafal malah satu album ini. Saya suka sekali dengan suaranya mba Nicky itu.Saya dan teman saya ini (sambil menunjuk temannya) adalah penggemar mba Nicky."
Saya     : "(dengan tidak percaya), ah masa' sih pak? coba nyanyiin."

Eng.. ing.. eng... (backsoundnya ultramen kalau sedang berubah menjadi besar), dan bernyanyilah bapak itu dengan senyum lebar. Langsung spontan saya memberi tepuk tangan yang meriah. Saya sangat bangga sekali kalau melihat atau mendengar sesuatu yang positif dari negara saya tercinta ini.

Namun sayang, lagu mba Nicky "Panggung Sandiwara" yang ingin saya nyanyikan tidak ada di daftar lagu Petugas tersebut. Saya juga tidak menyanyikan lagu kepunyaan mba Mayang. Saya akhirnya berduet dengan teman saya menyanyikan lagu "Mungkinkan-Stinky" dan "Jangan Ada Dusta di Antara Kita-Broery Marantika ft. Dewi Yull". Lagu terakhir yang saya nyanyikan adalah "Rolling in The Deep-Adele". Lagu tersebut sangat pas sekali sebagai penutup di malam pertemuan dan saya mendapat tepuk tangan bergemuruh dari para hadirin yang hadir pada malam itu (mungkin karena mereka sudah banyak minum bir, jadilah apa saja yang didengar terasa merdu sekali_LOL_). Puas hati saya bisa karaokean sampai tengah pagi, sampai di usir dengan bos dari karaoke bar tersebut. :-)

Dari Mba Nicky Astria lah saya mendapatkan pelayanan luar biasa dari Petugas tersebut pada malam itu untuk dapat sepuasnya bernyanyi. Saya bisa memilih dan bernyanyi sepuas hati saya. Saya tidak ada perasaan malu atau tidak percaya diri. Saya tidak mau tahu apakah pengunjung lain tiba-tiba terserang sakit kuping dan nyeri saat  saya bernyanyi. Saya sangat menikmati malam pertemuan dengan rekan-rekan lama saya. Es war Toll !! It was Great !!

Salam hangat,
Z

No comments:

Post a Comment